Cara Mudah Modifikasi Kiprok / Regulator Pengisian Aki Motor

Ada banyak cara yang dilakukan para seniman otomotif, dalam memodifikasi kiprok alias regulator pengisian aki, dimana tujuan akhirnya adalah untuk menambah daya agar performa aki selalu dalam keadaan mantap ketika akan digunakan untuk memasok energi ke aksesoris tambahan misalnya lampu HID, sirine, lampu besar tambahan, dll.
Untuk menambah koleksi modifikasi kiprok di jagat otomotif, uncle zak akan memberikan warna baru dalam memodifikasi kiprok yang sangat super sederhana, biaya murah, tepat sasaran dan siapapun bisa melakukan modifikasi kiprok bagi yang membaca artikel ini. Jadi anda orang paling beruntung yang pertama membaca artikel ini.
dan sebarkan informasi ini pada kawan-kawan.
Cara Kerja Alternator Motor
Energy listrik untuk mengisi aki, menerangi lampu dan memasok energy ke CDI dihasilkan dari sebuah altenator,  isi alternator  motor nampak seperti pada gambar dibawah ini, inti dari alternator motor  terdiri dari beberapa gulungan tembaga disebut juga stator dan dan magnet permanent.disebut juga rotor, jika magnet berputar digerakan mesin akan  menginduksi stator maka dihasilkan listrik arus ac,  seperti listrik yang dipasok PLN.

mengingat energy listrik yang dihasilkan untuk kepentingan pengisian aki maka arus listrik dirubah dari  ac  (arus bolak balik ) menjadi arus DC (arus searah ) dengan menggunakan diode.
berhubung arus listrik yang dihasilkan alternator motor cukup besar dan  voltase cukup tinggi  jika langsung terhubung ke aki atau ke lampu, dimana dampaknya akan menyebabkan aki dan lampu cepat rusak, maka diperlukan sebuah regulator/kiprok, tujuan regulator ini agar pengisian ke aki dan ke lampu bisa seimbang. sesuai dengan kebutuhan.

Cara Kerja Kiprok / Regulator Pengisian Aki

Listrik yang dihasilkan dari alternator motor baik voltase dan arus listrik untuk memasok energi ke aki maupun ke lampu  dikendalikan oleh sebuah alat yang bernama kiprok/regulator..

Ada dua katagori besar cara kerja kiprok  tetapi tetap mengacu basis voltage yaitu :

  1. Basis voltage tegangan aki, contohnya jika voltase aki sudah mencapai tegangan maksimal sebesar  14,2 volt, maka pasokan arus listrik terhenti terputus. atau mengecil, jika voltase aki masih dibawah angka tersebut maka arus listrik tetap dipasok oleh kiprok.
  2. Basis voltase tegangan output stator, contohnya setingan kiprok 13,5 volt pada saat generator motor mencapai tegangan 13,5 volt, walaupun aki belum penuh diode zener membuka saluran memerintahkan SCR membuang kelebihan voltage / energy  ke ground.


Seperti pada gambar dibawah ini rangkaian isi kiprok tipe single maupun 3 phase ketika motor dihidupkan komponen diode bridge langsung bekerja memasok  energi ke aki yang dihasilkan alternator, ketika tegangan aki sudah mencapai setingan pabrik misalnya 13,5 atau 14,2, maka diode zener mulai aktip untuk membuka saluran gate SCR maka terhentilah pasokan listrik ke aki,atau mengecil, sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator.
Secara umum garis-garis  besar haluan kabel motor dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini baik single pas maupun 3 phase.
Masalah Kurang Pasokan Energy Listrik dan seting voltase kiprok terlalu rendah
Buat yang hobi tambah aksesoris-aksesoris  dimotor yang membutuhkan arus listrik besar tentunya dilema tersendiri,  tetapi setiap masalah pasti ada obatnya, ada 101 cara untuk mengobatinya, berikut ini uncle zak sajikan salah satu cara mengatasi kekurangan pasokan energi listrik dan setingan voltase kiprok terlalu rendah,   hanya dengan biaya Rp 2 ribu s/d 3 ribu untuk menambah pasokan energi listrik. baik untuk single phase maupun 3 phase.

Modifikasi Kiprok / Regulator voltage Model Uncle Zak

cara ini sangat sederhana hanya menggunakan dua buah diode seperti pada gambar dibawah ini ;hasil sangat mantap  energi terus dipasok ke aki sampai kondisi aki full charge 100 %,  namun tetap terkendali tegangan voltase.kiproknya.

cara kerjanya :
penambahan diode arah katoda menuju kiprok fungsinya untuk "membohongi diode zener" tegangan aki terpotong 0,6 volt oleh diode. dan diode zener pun belum aktip   mengangap aki belum penuh.maka saluran gate SCR masih tertutup,  diode bridge terus memasok energy listrik ke aki sampai tegangan 14,8 volt saat tegangan aki lewat angka tersebut maka diode zener mulai aktip membuka saluran gate SCR maka pasokan listrik ke aki terhenti atau mengecil.sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator
contoh misalkan setingan kiprok pabrik 14,2

Diode katoda arah aki fungsinya memasok energy listrik ke aki


Modifikasi Kiprok Lewat Jalur Kabel Positip


Modifikasi Tambah Tegangan 0,6 Volt

Modifikasi Tambah Daya dan voltase 1,2 Volt

Modifikasi Kiprok Lewat Kabel Negatip


Langkah-langkah modifikasi :

ukur terlebih dahulu voltase standar kiprok pabrik dengan alat voltmeter digital ukur tegangan aki, mesin hidupkan tancap gas amati volmeter, perhatikan tegangan aki jika maksimal 13,5 volt sebaiknya modifikasi tambah tegangan 1,2 volt. jika tegangan maksimal 14,2 s/d 14,4 sebaiknya modifikasi tambah tegangan 0,6 volt.

Keuntungan Modifikasi kiprok :

  • kondisi aki dalam keadaan setiap saat full 100 % 
  • dapat memasok  energy untuk aksesoris tambahan 
  • dapat perpanjang umur pakai aki (lihat Teori dasar Aki )
  • Tarikan stater jadi enteng karena aki dalam keadaan full
  • lampu besar lebih terang
  • suara klakson lebih lantang 
  • mengurangi efek panas kiprok, karena mengurangi konek  SCR dari jalur  listrik ac (alternating current)  ke masa/ground
  • buat yang kiproknya mengalami masalah panas berlebih bisa memakai trik ini
Kerugiannya :
  • ada pekerjaan  baru setiap dua minggu sekali harus cek  kondisi air aki harus diperiksa khusus aki basah
Cara Buat  dan pemasangannya :

Cara Pasang Diode pada  Jalur Negatip

Pengujian Penambahan Diode Pada Jalur Negatip


Pengujian dilakukan pada motor honda supra fit tahun 2007
standar kiprok maksimal Voltase pengisian  14,30 volt
Aki yang digunakan 3,5 ampere GTZ-5S  MF merk GS





 

Catatan Penting Hasil Riset Uncle Zak Modifikasi Kiprok :
  1. Sebaiknya jika ingin  modifikasi kiprok tambah daya pakai Jalur negatip untuk jenis  motor apapun
  2. Ukur terlebih dahulu drop voltage diode, uncle zak dalam tulisan ini pakai 0,6 volt drop voltage diode yang umum, namun saat ini, banyak juga beredar diode drop voltage hanya 0,3 volt. jadi tinggal hitung berapa diode yg dibutuhkan untuk menaikan voltage.

 Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat automotive



Cara Mudah Modifikasi Kiprok / Regulator Pengisian Aki Motor
cara mudah modifikasi kiprok regulator pengisian aki motor

SOLUSI BATTERY: Cara Mudah Membuat Booster Kiprok ...
cara mudah membuat booster kiprok pengisian aki met pagi om.. ane msh bingung sm cara pemasangan booster halfwave n fullwave nih..

RK MOTOR | LAMPU PROJECTOR HID | LAMPU LED CREE
Distributor Projector HID AES, lampu hid dan Led Headlight Cree Motor dan Mobil

bruell
Rotor digerakkan atau diputar didalam alternator dengan putaran tali kipas mesin. Rotor yang terdiri kutub kutub magnet, field winding, dan Slip ring, bagian bagian

HOWTO : Memaksimalkan Sistem Pengisian Kelistrikan Thunder ...
HOWTO : Memaksimalkan Sistem Pengisian Kelistrikan Thunder 125, Hanya Bermodal 5.000 Rupiah !

Kre@tips DIY
Apabila suatu kumparan dialiri arus listrik kemudian listrik diputus, maka akan timbul arus balik inilah yang dinamakan arus radiant. Contoh kumparan yang dapat

HOWTO : Cek Perangkat Kelistrikan Thunder 125, Biar Ga ...
Gan, minta alamat emailnya Saya bener bener butuh bantuan seputar masalah thunder 125. saya sudah gonta ganti aki, kiprok, sepul, tapi ttep aja masalah

yams-artmedia: Pasang StabilizerRegulatorFull DC ...
full DC is the best. memaksimalkan kapasitas/potensi yg ada. relatif mudah ga nambah2i alat lain. Qiprok full dc adalah subtitusi bukan "alien" dlm sistem

Teknik Sepeda Motor
Teknik Sepeda Motor SMK AL-KHOERIYAH Ok mungkin Sobat Bloger ada yang belum tahu apa itu AHO, AHO singkatan dari Automatic Headlight On.

Fullwaving Yamaha Bebek & Skutik | KoTsK
Mas nova,fulwave juptr Z pkai 2 kiprok stndart bs apa g? dg cara mmutus kabel kuning, n mmbri tambahan pd kabel hitam untk mnju kiprok tambahan(kiprok ke 2

Previous
Next Post »